Cara Menikmati Kopi Hitam di Rumah ala Kafe

Iklan Semua Halaman

Cara Menikmati Kopi Hitam di Rumah ala Kafe

Ekspektasi
Tuesday, 15 October 2019

Advertise

Advertise

Cara Menikmati Kopi Hitam Di Rumah ala Kafe - Pastinya kamu telah mengetahui beberapa manfaat kopi hitam atau biasa orang sebut kopi pahit, namun apakah kamu tahu cara membuat dan menikmatinya?

Cara Menikmati Kopi Hitam Di Rumah ala Kafe
Kopi hitam | Foto : Net

Tak mudah untuk menikmati kopi hitam, membutuhkan waktu lama untuk membiasakan diri minum kopi hitam, inilah cara mudah membuat dan menikmati kopi hitam secara bertahap :

1. Kurangi Gula
Gula adalah alasan utama mengapa banyak orang tidak menikmati kopi hitam, tetapi hal yang disayangkan adalah bahwa itulah yang akan digunakan banyak orang untuk mencoba dan menekan rasa pahit dalam kopi ini.

Dan sementara menghilangkan gula dari cangkir kopi kamu mungkin tidak terlihat mudah, kamu masih bisa melakukannya dengan sedikit dedikasi dan kesabaran.

Idealnya, kamu harus berhenti menambahkan gula ke kopi kamu di cangkir berikutnya yang kamu buat, tetapi jika kamu merasa sulit, kamu bisa melakukannya secara bertahap dengan mengurangi takaran pada sendok yang kamu tambahkan atau dengan menggunakan pemanis lain seperti madu.

2. Kurangi Susu / Krim
Saat kamu mengurangi gula dari kopi kamu, kamu dapat terus menambahkan susu dan krim untuk meringankan dan membuatnya lebih tertahankan. Tapi begitu kamu bisa minum kopi tanpa gula sama sekali, langkah selanjutnya adalah menghapus susu dan krim.

Kamu dapat melakukan ini secara bertahap seperti halnya gula dengan menambahkan lebih sedikit krim atau susu dan saat kamu mengurangi jumlah susu, minuman kamu akan mulai menjadi lebih gelap, dan kamu harus terus mengurangi susu sampai kamu dapat mengambil kopi hitam murni.

3. Percobaan dengan Berbagai Panggang dan Campuran Kopi
Biji kopi dicampur dan dipanggang adalah dua hal utama yang akan menentukan bagaimana kopi hitam kamu akan terasa.

Oleh karena itu, untuk memastikan kamu mendapatkan minuman yang lebih beraroma, kamu perlu bereksperimen dengan berbagai biji panggang dan campuran.

Kopi hitam memungkinkan kamu untuk menikmati bahkan catatan rasa paling halus dalam kopi kamu, sehingga kamu dapat dengan mudah mengetahui seperti apa rasanya setiap kopi.

Beberapa akan memiliki catatan rasa buah dan lainnya akan cokelat dan gila dan karenanya bereksperimen dengan daging panggang dan campuran yang berbeda akan membantu kamu menemukan sesuatu yang kamu sukai atau setidaknya merasa lebih tahan lama.

4. Buat Kopi Hitam kamu dengan Benar
Bagaimana kamu membuat kopi hitam juga penting dan jika kamu ingin menikmatinya, kamu harus memastikannya dengan menyeduhnya.

Dan tidak masalah apakah kamu membuatnya menggunakan tuangan, mesin infus atau bahkan pada pers Perancis, kamu hanya perlu memastikan kamu melakukannya dengan benar.

Di sini kamu perlu berhati-hati untuk hal-hal seperti ukuran dan kuantitas gilingan kopi, volume dan suhu air dan juga waktu seduhan untuk memastikan kamu mendapatkan minuman yang sempurna.

5. Selalu Gunakan Kopi Segar
Menggunakan biji kopi basi atau kopi pra-tanah yang telah ada di rak sejak lama, dapat menyebabkan rasa kopi yang buruk dan karenanya membuat sulit untuk meminum kopi hitam tanpa bahan tambahan.

Untuk membantu memecahkan masalah kecil ini, kamu harus selalu membuat kopi hitam dengan kacang segar dengan berinvestasi dalam penggiling duri yang baik dan menggunakannya untuk menggilingnya tepat sebelum kamu membuat kopi.

Menggunakan kacang segar memungkinkan kamu untuk menikmati semua rasa enak dalam kopi hitam.

6. Bumbui dengan Hal Lain
Gula, krim, dan susu adalah aditif kopi yang paling umum, tetapi mereka bukan satu-satunya kopi karena masih banyak hal lain yang dapat kamu gunakan untuk membumbui kopi hitam kamu agar lebih mudah ditanggung.

kamu dapat menambahkan hal-hal seperti kapulaga, kayu manis, dan jahe untuk memberikan kopi hitam yang enak yang akan membuat kamu lebih menikmatinya.

Dan hal terbaik tentang rempah-rempah ini adalah mereka mengemas banyak sekali manfaat kesehatan dan selain membuat kopi hitam lebih enak, mereka juga tidak akan menambah kalori.

7. Jaga Peralatan Pembuat Kopi kamu Bersih
Peralatan pembuat kopi yang kotor akan memperkenalkan kotoran dan benda asing lainnya ke dalam cangkir kopi kamu dan karenanya membuatnya kurang menyenangkan karena kemungkinan besar akan menjadi sedikit terlalu pahit.

Oleh karena itu, kamu harus selalu membersihkan setelah setiap sesi pembuatan kopi dan juga ingat untuk membilas pembuat kopi dengan air hangat sebelum digunakan untuk menghilangkan rasa funky.

Kesimpulan
Kopi hitam mungkin agak terlalu kuat dan pahit untuk peminum kopi yang tidak terbiasa tetapi masih merupakan salah satu cara terbaik untuk mengambil dan menikmati secangkir kopi Jawa kamu.

Dan ini karena memungkinkan kamu untuk menikmati semua catatan rasa halus dalam kopi dan tidak mengandung banyak kalori.

Jika kamu salah satu dari banyak pecinta kopi yang merasa kopi hitam tidak terlalu menyenangkan, kamu harus tahu bahwa ada cara untuk mengubahnya. Mulai dari menyesuaikan panggang biji kopi kamu dan berbaur untuk menyeduh kopi kamu lebih tajam.

Kamu juga dapat lebih menikmati kopi hitam dengan menambahkan rempah-rempah yang berbeda. Tetapi, pada akhirnya kamu perlu mengambil banyak kopi hitam untuk mendapatkan rasa sehingga kamu bisa menikmatinya, dan sedikit kesabaran akan diperlukan saat kamu beralih ke kopi hitam.

Kopi hitam dapat dinikmati kapan saja tak ada batasan waktu, sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Minumlah kopi hitam secukupnya, minum yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.



Sumber : FilosofiKopi.com
Editor : Muttaqin
Redaktur : Adi