Cara Membuat Kopi Es Vietnam ala Barista

Iklan Semua Halaman

Cara Membuat Kopi Es Vietnam ala Barista

Ekspektasi
Saturday, 12 October 2019

Advertise

Advertise

Cara Membuat Kopi Es Vietnam - Sebelum Anda mulai membuat kopi Vietnam, penting untuk dicatat bahwa seperti kebanyakan jenis kopi lainnya, Anda perlu beberapa sesi latihan untuk menguasai berbagai elemen seperti ukuran gilingan dan waktu seduhan.

Cara Membuat Kopi Es Vietnam ala barista Profesional
Kopi Es Vietnam | Foto : net

Meskipun secara tradisional kopi ini dibuat dengan Phin, masih memungkinkan untuk membuatnya dengan pembuat kopi lain seperti pers Perancis, dan beberapa variasi modern juga akan menggunakan espresso untuk membuat kopi es Vietnam karena juga kuat dan cukup kaya akan rasa.

Peralatan
  • Phin atau pers Prancis
  • Ketel gooseneck untuk merebus dan menuangkan air
  • Sendok bergagang panjang
  • Gelas tinggi

Bahan
  • 4 gelas air yang disaring
  • 1 hingga 2 sendok makan bubuk kopi sedang hingga gelap
  • 1 hingga 2 sendok makan susu kental manis
  • Banyak es batu

Total Waktu Pembuatan Minuman : 10 Menit

Petunjuk Cara Membuat Kopi Es Vietnam

Langkah 1: Panaskan Air
Mengingat bahwa inilah yang mungkin akan memakan waktu lebih banyak di seluruh proses, Anda harus memulainya dengan memanaskan air di ketel gooseneck.

Anda akan menginginkan suhu air antara 195 dan 205 derajat Fahrenheit sebelum Anda menggunakannya untuk membuat kopi.

Untuk mencapai suhu air ini, Anda harus mendidihkan air dan biarkan dingin setidaknya selama 30 detik untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Langkah 2: Tambahkan Susu Kental ke Gelas
Langkah kedua adalah menambahkan susu kental ke gelas tinggi sebelum Anda mulai membuat kopi. Gunakan gelas tahan panas karena akan membuat minuman Anda lebih lama, dan Anda dapat menggunakan susu kental manis sebanyak yang Anda inginkan karena semuanya terserah pada preferensi Anda dan seberapa manis Anda suka kopi Anda.

Langkah 3: Tambahkan Coffee Grounds
Langkah selanjutnya adalah membuat kopi Vietnam Anda dan untuk melakukan ini, Anda harus mulai dengan menambahkan 2 sendok kopi bubuk ke Phin.

Dan pastikan ukuran gerinda adalah jalan tengah yang mirip dengan apa yang akan Anda gunakan untuk pers Perancis.

Dan ketika menambahkan bubuk kopi, pastikan Anda menghapus layar atas pada Phin dan tutup kecil tetap diletakkan di bawah sehingga tidak ada kopi yang menggiling di cangkir Anda. Setelah kopi tersedia, Anda sekarang dapat merakit Phin dengan menempatkan kembali filter teratas.

Perhatikan bahwa jumlah tekanan yang Anda berikan saat menekan filter atas akan memengaruhi brew karena filter yang ketat menghasilkan brew yang kuat.

Langkah 4: Tempatkan Phin Over the Glass dan Tambahkan Air Panas
Setelah merakit pembuat kopi, Anda sekarang harus meletakkannya di atas gelas tinggi dengan susu kental dan kemudian tambahkan air panas yang sudah dipanaskan sebelumnya dan pastikan suhunya tepat sebelum Anda melakukannya.

Tuang air secara perlahan dari cerek gooseneck Anda dan tambahkan cukup untuk mencapai bagian atas cangkir.

Pastikan juga Anda tidak menumpahkan air ke gelas dan selesaikan langkah ini dengan menempatkan tutupnya di bagian atas untuk menjaga air tetap panas.

Langkah 5: Tunggu Kopi Menetes
Langkah selanjutnya adalah memberikan kopi setidaknya 3 menit untuk menetes ke gelas tinggi di bawahnya. Bergantung pada seberapa ketat saringan atas, air dapat membutuhkan waktu hingga 5 menit untuk menetes, sehingga dibutuhkan kesabaran pada tahap ini.

Langkah 6: Aduk dengan Sendok
Setelah semua kopi menetes ke gelas, Anda sekarang harus mengaduk minuman dengan sendok bergagang panjang untuk mencampur dan melarutkan susu kental manis yang ada di bagian bawah.

Dan Anda juga dapat menambahkan lebih banyak susu kental manis jika Anda menemukan kopi Anda tidak memiliki konsistensi yang Anda inginkan.

Langkah 7: Tambahkan Es Batu
Langkah terakhir adalah menyajikan kopi Anda dengan es dan di sini Anda dapat menambahkan beberapa es batu ke gelas tinggi lainnya dan kemudian tuangkan kopi dan susu kental di atas es. Anda juga bisa langsung melempar es batu ke atas kopi.

Catatan:
1. Walaupun secara tradisional sebagian besar kopi Vietnam dibuat dengan biji kopi Robusta, Anda masih dapat membuat es kopi dengan biji Arabika yang lebih beraroma, tetapi gunakanlah daging panggang yang gelap karena akan memberi Anda rasa yang lebih baik.

2. Berlatih adalah kunci untuk menjadi pandai membuat kopi es Vietnam, dan karenanya Anda harus terus membuatnya sampai Anda menyempurnakan tekniknya

3. Pastikan Anda tidak pernah menambahkan es sampai kopi dan susu kental Anda digabungkan dengan sempurna karena kopi dingin tidak akan dapat melarutkan susu kental manis.

Kesimpulan
Tidak ada yang mengalahkan segelas besar kopi es Vietnam yang enak pada sore musim panas karena jenis minuman itulah yang akan mendinginkan Anda hampir secara instan dan membuat Anda segar selama berjam-jam.

Namun, untuk menikmati minuman yang menyenangkan ini, pertama-tama Anda harus tahu cara membuatnya. Tapi, ini seharusnya tidak menjadi masalah karena dengan sedikit latihan itu bisa sangat mudah.

Dan selain pembuat kopi tradisional Vietnam, beberapa sendok susu kental, bubuk kopi dan air panas yang disaring, tidak ada banyak yang bisa dilakukan.

Perhatikan bahwa selain kopi es Vietnam yang lezat, masih ada banyak jenis kopi Vietnam lain yang juga patut Anda coba. (*)



Sumber : FilosofiKopi.Com
Editor : Muttaqin
Redaktur : Najmal