Makanan Sehat Bergizi Usia Anak Sekolah

Iklan Semua Halaman

Makanan Sehat Bergizi Usia Anak Sekolah

Ekspektasi
Monday, 19 August 2019

Advertise

Advertise

Ekspektasi.id Makanan Sehat Anak - Usia sekolah adalah waktu yang tepat bagi anak-anak untuk belajar tentang makanan, kegiatan, dan gaya hidup sehat. Pada usia ini, anak-anak sudah memiliki kehidupan yang sibuk dalam kehidupan sosial mereka dan juga dapat memilih makanan sendiri apa yang ingin mereka makan.

Gaya hidup dan kebiasaan makan mereka tentu saja juga dipengaruhi oleh keluarga, lingkungan sosial (teman), dan juga media (terutama dari televisi).

Mengatur makanan sehat sangat penting saat ini. Anak-anak membutuhkan beragam makanan untuk membentuk diet seimbang. Tingkat aktivitas fisik harian mereka secara langsung berkaitan dengan kebutuhan nutrisi mereka.

Dengan memberikan asupan makanan sehat kepada anak itu berarti merealita kecerdasan sejak dini. Tanpa mengkonsumsi makanan sehat bergizi kecerdasan hanya sebuah ekspektasi belaka.


Makanan Sehat Bergizi Usia Anak Sekolah


Diet seimbang penting karena nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Ketika anak-anak sibuk melakukan kegiatan, lebih banyak energi diperlukan sehingga mereka membutuhkan makanan ringan yang sehat untuk menyeimbangkan kebutuhan energi ini. (Sarapan adalah makanan terpenting hari ini).

Pernyataan ini benar karena tidur nyenyak diikuti sarapan pagi hari berikutnya membantu anak Anda untuk tetap aktif dan dapat berkonsentrasi di sekolah.

Sebisa mungkin anak-anak harus sarapan karena jika tidak, mereka kemungkinan besar tidak mendapatkan cukup energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Makanan yang kaya karbohidrat seperti roti, gandum, sereal, dan pasta disertai dengan susu, yogurt, atau buah-buahan sangat cocok untuk menu sarapan. Selain karbohidrat, makanan ini juga mengandung serat, kalsium, zat besi, asam folat, dan seng.

Pilihan makanan pada siang hari biasanya tergantung pada apa yang ditawarkan oleh kantin di setiap sekolah. Namun, makanan yang dipilih anak Anda tentu cukup bergizi. Karena itu, lebih baik anak-anak diberikan makan siang dari rumah.

Beberapa pilihan makanan sehat untuk makan siang adalah nasi dengan telur dan bakso ayam, sandwich dengan keju atau telur, buah, sayuran rebus seperti wortel, dan kotak susu. Beberapa makanan yang perlu dikurangi adalah makanan yang kaya akan gula dan lemak seperti: daging olahan (daging kemasan yang dijual di supermarket), biskuit, kotak jus, dan minuman ringan.

Jika Anda pernah bertanya pada diri sendiri, bisakah anak saya ngemil? Jawabannya iya. Ngemil atau makan camilan sebenarnya bisa disediakan asalkan dikonsumsi dalam waktu tertentu, yaitu antara sarapan / makan siang / makan malam.

Makanan ringan yang disediakan juga harus bergizi dan rendah gula, seperti kue gandum, jus buah segar, yogurt, dan tentu saja, buah-buahan. Selain makanan ringan, anak-anak juga harus banyak mengonsumsi air dan susu.

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan makanan sehat dan diet seimbang kepada anak-anak adalah menjadikan diri Anda teladan atau panutan.

Pilih makanan yang kaya nutrisi dan dorong anak Anda untuk membantu menyiapkan makanan. Dengan begitu, anak Anda bisa mengetahui makanan apa yang sehat untuk mereka. Diet seimbang terdiri dari berbagai kelompok makanan.

Makanan ini memiliki kalori, protein, vitamin, dan mineral yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Makanan sehat untuk anak-anak akan menjamin gaya hidup sehat dan kebiasaan sehat untuk tahun-tahun mendatang.

Sumber :
http://www.rwjuh.edu/health_information/adult_pediatrics_nutrschoolage.html
http://www.livestrong.com/article/313079-balanced-diet-for-children-in-different-stages/
http://www.webmd.com/parenting/features/good-eats-school-age-kids
https://www.bendebesah.com/2019/08/syarat-makanan-sehat-menurut-ahli-gizi.html

Foto : halodoc