5 Tips Menjaga Kesehatan Lambung dengan Makanan

Iklan Semua Halaman

5 Tips Menjaga Kesehatan Lambung dengan Makanan

Ekspektasi
Tuesday, 20 August 2019

Advertise

Advertise

EKSPEKTASI.ID - Lambung adalah salah satu organ penting dalam sistem pencernaan. Namun terkadang, banyak orang meremehkan kesehatan lambung. Biasanya sering terjadi pada wanita yang menginginkan tubuhnya tetap langsing / diet.

Tidak heran banyak orang Indonesia yang akrab dengan asam lambung atau maag dalam kehidupan sehari-hari. Dengan makanan yang sehat dan makan tepat waktu, kita terhindar dari yang namanya penyakit ini.

Untuk menghindari penyakit ini seperti dilansir dari bendebesah.com Anda bisa mengonsumsi 5 asupan makanan untuk menjaga kesehatan lambung berikut :

Tingkatkan konsumsi tanaman herbal
Selain mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan daging, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi tanaman herbal untuk menjaga kesehatan lambung. Herbal dapat dicampur sebagai bumbu dalam masakan, atau diseduh lalu diminum.


Foto : health.sunnybroc

Tingkatkan konsumsi sayuran hijau
Mengkonsumsi sayuran hijau juga disarankan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan lambung. Sayuran hijau mengandung gula dan lemak rendah sehingga bisa membantu mengurangi asam lambung.

Anda bisa mulai mengonsumsi sayuran hijau dengan brokoli, asparagus, kembang kol, kacang hijau, mentimun, atau selada.

Menjaga kesehatan Lambung dengan gandum dan biji-bijian
Anda bisa mengonsumsi gandum dan biji-bijian untuk memperlancar aliran pencernaan dalam tubuh. Mengganti konsumsi beras dengan gandum atau roti gandum dapat dipilih.

Makanan yang mengandung gandum dan biji-bijian kaya akan serat sehingga mereka dapat membantu memperlancar aliran pencernaan di Lambung. Selain itu, makanan ini juga dapat membantu mengurangi gejala GERD di Lambung Anda.

Tingkatkan konsumsi makanan kaya protein
Makanan yang kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk kesehatan Lambung. Anda dapat memilih daging ayam tanpa kulit seperti dada, atau daging sapi rendah lemak.

Selain mengonsumsi ayam dan sapi, Anda juga bisa mengonsumsi ikan olahan. Dianjurkan agar Anda mengolah makanan ini dengan merebus, mengukus, atau membuat kue.

Pertahankan Kesehatan Lambung dengan buah-buahan
Buah-buahan untuk mendukung gaya hidup sehat memang sangat dianjurkan. Termasuk juga menjaga kesehatan lambung. Satu buah yang bisa dikonsumsi adalah pisang. Kandungan Ph 5.6 yang dimiliki oleh pisang bermanfaat untuk meredakan gejala asam lambung.

Ada baiknya, Anda memilih pisang yang sudah matang dan manis. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak pisang dapat meningkatkan asam lambung.

Karena itu, Anda juga perlu mengonsumsi cukup pisang. Selain mengonsumsi pisang, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan lain seperti melon, apel semangka, dan pir. Keempat buah ini bermanfaat untuk mengurangi gejala asam lambung.
Salah satu herbal yang bermanfaat untuk Lambung adalah jahe. Selain mengonsumsi jahe, Anda juga bisa mengonsumsi lidah buaya untuk mengobati asam lambung.