Kawah Wurung, Potret Surga Kecil Milik Bondowoso

Iklan Semua Halaman

Kawah Wurung, Potret Surga Kecil Milik Bondowoso

Ekspektasi
Sunday, 1 September 2019

Advertise

Advertise

Kawah Wurung - Jalan-jalan ke Bondowoso mungkin tidak sah jika Anda tidak mengunjungi Kawah Ijen yang memiliki sejuta pesona karena keindahannya.

Tak hanya kawah ijen saja, rasanya anda harus mengunjungi Kawah Wurung yang terletak beberapa meter sebelum Kawah Ijen tepatnya di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.


Kawah Wurung, Potret Surga Kecil Yang Indah di Bondowoso
Kawah Wurung Bondowoso

Dinamakan kawah wurung karena ada daerah yang menyerupai kawah tetapi sudah mati hanya ada banyak rumput yang menyerupai sabana luas dan hutan lindung Perhutani KPH Bondowoso. Tak ada yang tahu pasti sejarah terbentuknya kawah wurung yang indah indah bak surga.

Penduduk setempat menggunakannya sebagai lahan untuk menggembala kambing dan sapi. Namun, karena zaman telah maju dan kerumunan media sosial akhirnya menjadi tempat yang dulunya sepi dan sekarang terkenal di mana-mana bahkan di televisi swasta.

Rute menuju kawah wurung dari Bondowoso mengikuti ke arah Wonosari kemudian ada persimpangan ke Kawah Ijen. Ikuti saja, maka perjalanan akan memakan waktu 1,5 jam ke desa Sempol, nah kita akan memasuki perkebunan kopi jampit dan hanya mencari rambu ke kawah Wurung yang terpampang di tepi jalan.

Pintu masuk ke Kawah Wurung adalah dalam bentuk jalan batu makadam dan melewati perkebunan kopi yang tertata rapi.

Setelah tiba di tempat parkir kita akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 / org dan parkir Rp3.000 / sepeda motor, dan perjalanan akan terus berjalan setapak ke atas bukit untuk dapat menikmati panorama kawah wurung.

Sesampainya di puncak bukit kita akan disuguhkan pemandangan indah yang luas, ada beberapa gundukan tanah vulkanik yang telah mati dan sejauh mata memandang hanya ada rumput hijau dalam padatan dengan beberapa pohon yang tumbuh di atas bukit kecil.

Bagi yang hobi hobi fotografi, tempat ini sangat cocok untuk berburu foto keren karena tempat ini mirip dengan bukit teletubies yang terdapat di Gunung Bromo. Apalagi, jika cuacanya bagus, keagungan Gunung Raung akan berdiri kokoh dan kaldera kawah Ijen akan mengeluarkan asap.

Ayo ke Bondowoso, banyak destinasi wisata baru yang wajib kalian kunjungi dan cukup bagus untuk arena pendidikan anak-anak, jangan cuma ekspektasi saja.

Bagi wisatawan luar kota, jangan khawatir untuk penginapan, disini terdapat penginapan berupa hotel, villa, losmen, dan perumahan rakyat yang akan disuguhi kopi arabika khas ijen. Hunting tiket travel pilihan kalian jauh-jauh hari ya...!!