Inilah Daftar Makanan Khas Maluku Wajib Kamu Cicipi

Iklan Semua Halaman

Inilah Daftar Makanan Khas Maluku Wajib Kamu Cicipi

Ekspektasi
Tuesday, 3 September 2019

Advertise

Advertise

Daftar Makanan Khas Maluku - Tidak hanya diberkati dengan tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Tanah air kami diberkati dengan berbagai hidangan Nusantara dengan rasa yang sangat beragam.

Salah satunya saat Anda berkunjung ke Maluku. Selain disuguhi berbagai pemandangan menarik dan eksotis, tempat ini juga memiliki segudang makanan istimewa yang mungkin tidak Anda dapatkan di tempat lain.

7 Makanan Khas untuk Dicoba di Maluku
Nah, bagi Anda yang ingin menjelajahi tanah Indonesia, jangan lupa mengunjungi Maluku. Menikmati berbagai spesialisasi lezat mungkin merupakan pengalaman liburan yang berharga. Ini dia, daftar makanan khas Maluku yang bisa Anda cicipi.


Inilah Daftar Makanan Khas Maluku Wajib Kamu Cicipi


1. Ikan Gohu
Nikmati sensasi mencicipi 'sashimi gaya Indonesia' yang dapat Anda temukan di Maluku. Banyak orang mengatakan ini adalah khas Sashimi Ternate yang harus dicoba. Yang membedakan hidangan ini dari sashimi di Jepang adalah bahan dasar yang digunakan untuk hidangan ini.

Jika Anda sering mencicipi sashimi dari bahan dasar tuna atau salmon yang dicelupkan ke dalam kecap dan bahan lainnya. Lain halnya dengan presentasi "sashimi dari Ternate" kali ini. Cara menyajikan hidangan ini adalah memotong rasa tuna menggunakan garam.

Kemudian bahan pelengkap lainnya disajikan seperti lemon cui, bawang, lada cayenne dan basil cincang. Selanjutnya, minyak kelapa panas dituangkan di atasnya. Jangan lupa juga sajikan kacang goreng di atasnya.


Ikan Gohu makanan khas maluku


Nah, betapa menggoda, bukan? Anda berani mencicipi hidangan ini? Jika Anda penasaran, maka ketika Anda mampir ke Maluku, jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini.

2. Papeda
Berbicara tentang spesialisasi Maluku, Papeda mungkin menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari daftar kuliner nusantara dengan ibu kota Ambon. Namun, meskipun sering mendengar nama Papeda, sering kali banyak orang tidak tahu dengan baik seperti apa hidangan ini.

Papeda adalah hidangan yang mirip dengan bubur yang terbuat dari tepung sagu. Teksturnya hampir mirip dengan sup krim penebalan. Hanya saja perbedaannya terletak pada ketebalan papeda yang jauh lebih "berlendir" dibandingkan dengan sup krim.


Papeda makanan khas maluku


Hidangan ini biasanya disajikan dengan tuna atau batubara yang dimasak dengan bumbu kuning. Namun, banyak juga yang menggabungkan hidangan ini dengan kakap merah, kue ikan atau ikan gabus.

Tekstur papeda itu sendiri sangat lengket seperti lem dan rasanya hambar sehingga sangat cocok untuk disajikan dengan hidangan ikan apa saja.

3. Ikan Komu Asar
Bukan hanya masakan ikan asin yang terkenal dari tanah Maluku. Jika Anda mampir ke tempat ini Anda akan selalu menemukan hidangan kuliner yang disebut Fish Asu.

Hidangan ini adalah hidangan ikan calakang yang ditusuk menggunakan bambu untuk dihisap sampai ikan mengering.

Hidangan ini biasanya dinikmati bersama dengan nasi dan saus colo-colo khas Maluku. Saus colo-colo itu sendiri dibuat dengan bahan dasar jus jeruk nipis dicampur dengan beberapa bahan, yaitu kecap, mentega cair dan bawang merah iris.

Tentu saja, dua kombinasi bahan ini menghasilkan rasa yang lezat dan lezat. Jadi sangat cocok untuk menjadi hidangan padat yang dinikmati sambil melihat keindahan pantai atau panorama alam yang khas di tanah Maluku.

4. Ikan Kuah Pala Banda
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang paling akurat adalah dengan menanyakan sumber yang tepercaya. Begitu juga ketika Anda berkunjung ke Maluku, jika Anda penasaran dengan kuliner khas Maluku dengan citarasa tinggi.

Kemudian semua sepakat bahwa hidangan Ikan Kuah Pala Banda adalah salah satu kuliner favorit penduduk asli Maluku.

Ya, sesuai namanya, hidangan ini berasal dari Pulau Banda di mana tempat ini memang terkenal dengan rempah-rempahnya yang melimpah. Saus ikan yang lezat di Banda memang sudah dikenal selama berabad-abad.

Meski begitu khas, hidangan ikan pala Banda sering digunakan untuk menghibur pejabat Belanda yang datang ke tanah Banda.

Ikan Kuah Pala Banda ini unik dengan citarasa segar dan lezat bercampur pedas pala. Membuat sajian ini adalah sajian istimewa yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Maluku.

Hidangan ini biasanya dimakan dan disajikan dengan daun pepaya, kakap merah panggang dan saus cabai bekasang yang terbuat dari tuna giling.

5. Nasi Lapola
Selama pendidikan di sekolah, kita mungkin sering diajarkan bahwa makanan utama orang Maluku adalah sagu. Namun, mereka juga menikmati nasi dengan hidangan berbeda. Hidangan nasi Lapola adalah salah satu beras olahan paling populer di Maluku.

Hidangan ini dimasak menggunakan tolo beans. Cara membuatnya cukup mudah dan sederhana, nasi dimasak menggunakan api kecil hingga setengah matang. Kemudian dicampur dengan kacang tolo rebus.

Terakhir, hidangan ini diberi taburan kelapa parut dan dicampur garam lalu diaduk rata. Baru dimasak dan dikukus lagi sampai matang.

6. Kopi Sibu-Sibu
Jangan khawatir jika Anda tidak mendapatkan kopi. Adalah kopi sibuk yang akan dapat memuaskan keinginan untuk menikmati secangkir kafein yang lezat di tempat ini. Kopi Sibu-sibu didasarkan pada kopi Robusta yang secara tradisional diproses.

Hidangan ini kemudian dicampur bersama dengan biji ketapang muda dan ditambahkan menggunakan bubuk cengkeh yang telah dihaluskan sebelumnya. Tentu saja, bahan tambahan membuat rasa kopi ini berbeda dari hidangan kopi yang sering Anda nikmati. Tapi hidangan ini patut Anda coba.

7. Kohu-Kohu
Selain beberapa hidangan di atas, bagi Anda yang vegetarian dan bingung mencari hidangan enak di Maluku. Maka hidangan Kohu-kohu akan menjadi pilihan yang bijaksana. Makanan khas Maluku ini sangat mirip dengan sayuran urab di Jawa.

Kohu-kohu terbuat dari ikan teri basah yang dicampur dengan berbagai sayuran. Ada tauge rebus, lalu terong, kacang panjang dan kelapa parut.

Campuran ini kemudian dibumbui menggunakan jus jeruk nipis sebagai sensasi menyegarkan dari hidangan Kohu-kohu. Lalu ada tambahan lain seperti bawang merah dan bawang putih juga enak.

Rasa hidangan ini akan semakin enak saat menyantapnya bersama dengan kasbi rebus atau singkong rebus. Tentu saja hidangan ini akan cukup mengenyangkan dan enak untuk dimakan.

7. Talam Sagu Bakar
Ini adalah salah satu hidangan khas dari Maluku yang juga terbuat dari sagu. Hanya saja, tentu saja itu jauh dari sajian papeda biasa dan teksturnya juga jauh. Hidangan Talam Sagu Bakar ini memiliki rasa manis dan khas.

Membuat sajian ini cukup mudah, dengan merendam sagu lalu dihaluskan. Sementara itu, masak gula merah dan campur kedua bahan secara merata.

Tambahkan gula dan masak hidangan ini sampai mengental lalu bakar dalam piring dan siap untuk dinikmati.

Nah, itulah beberapa informasi tentang berbagai makanan khas dari Maluku. Bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat ini dan merencanakan wisata kuliner maka mungkin beberapa dari daftar di atas akan dapat digunakan sebagai referensi yang menarik.