Cara Merawat Busi Sepeda Motor Agar Awet Bertahun-tahun

Iklan Semua Halaman

Cara Merawat Busi Sepeda Motor Agar Awet Bertahun-tahun

Ekspektasi
Saturday, 7 September 2019

Advertise

Advertise

Cara Merawat Busi Sepeda Motor Agar Awet - Busi memiliki peran penting pada mesin sepeda motor. Busi digunakan untuk menghasilkan energi percikan yang kemudian menyalakan campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder.

Cara Merawat Busi Motor Agar Awet Bertahun-tahun
Busi
Busi memang memiliki bentuk kecil sehingga sering dilupakan dari perhatian pemilik sepeda motor. Padahal komponen ini juga membutuhkan perhatian dan perawatan rutin, karena jika busi motor rusak, bisa mengakibatkan motor kesayangan Anda akan mogok atau tidak bisa hidup normal.

Jika busi tersebut terindikasi mati, coba saja untuk membersihkan sebelum menggantinya. Lebih baiknya mengganti busi apabila motor / mobil digunakan untuk kerja atau perjalanan jauh.

Tips merawat busi motor :

  1. Jika Anda memiliki sepeda motor terbaru, Anda harus memeriksa kondisi busi ketika speedometer menunjukkan 1.000 km dan setiap 3.000 km setelah itu. Ganti busi setiap 6.000 km.
  2. Periksa kondisi busi. Jika busi kering dan abu-abu berkarat, itu pertanda pembakaran mesin Anda masih baik. Namun, jika busi terlihat basah dan cangkang hitam, itu berarti pembakaran di dalam motor tidak sempurna.
  3. Jika busi tidak pernah dibersihkan, elektroda di dalamnya aus sedikit demi sedikit dan akan ada endapan di sekitar busi yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem pembakaran. Secara umum, celah elektroda adalah 0,8 milimeter hingga 1,2 milimeter.
  4. Jika elektroda di tengah busi benar-benar habis, maka harus diganti dan harus melakukan reset antara celah busi menggunakan pengukur ketebalan.
  5. Ganti busi motor Anda sesuai dengan spesifikasi mesin.
  6. Jika mesin sepeda motor Anda mulai sulit untuk dinyalakan, kemungkinan penyebabnya adalah busi yang perlu dibersihkan.
Busi mendadak mati di tengah jalan tentu bukanlah sesuatu hal yang Anda inginkan. Memberi perhatian pada busi sama juga merawat kesehatan pembakaran pada mesin. Merawat busi pun tidak sulit, yakni cukup luangkan waktu 30 menit, mesin akan lebih awet.