Ekspektasi
Ekspektasi news sesuai Realita

- Advertisement -

Penyebab Radiator Bocor Melulu

0 100

Penyebab Radiator Bocor Melulu – Radiator merupakan salah satu komponen di ruang mesin yang memiliki peran sangat vital, akibatnya radiator yang bocor berakibat fatal bagi kendaraan.

Tugas utamanya adalah menjaga agar suhu kerja ideal mesin tidak terganggu, terutama coolant atau air yang harus selalu dalam volume yang aman.

- Advertisement -

Dalam beberapa kasus, radiator yang bocor menjadi momok yang cukup mengerikan. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui penyebab radiator bocor.

Pemilik mobil wajib mengetahui ciri air radiator berkurang atau bocor sehingga meminimalisir pengeluaran biaya perbaikan radiator.

Penyebab Radiator Bocor

Radiator yang bocor sudah pasti menjadi masalah bagi pendinginan mesin mobil. Sirkulasi air atau cairan radiator merupakan hal yang harus dijaga. Jika kebocoran terbentuk, itu pasti akan menjadi masalah.

Kebocoran water coolant juga tidak bisa dianggap remeh. Karena hal ini dapat berdampak pada pendinginan mesin yang tidak maksimal. Lalu bagaimana cara kita mulai mengenali penyebab radiator bocor?

Cairan radiator salah

Cairan radiator sebenarnya bisa terlihat sepele pada pandangan pertama. Padahal cairan ini adalah yang paling berharga dan telah dirancang khusus sebagai pendingin. Anda tidak bisa mengisinya dengan air ledeng.

Karena air keran tidak didesain memiliki kemampuan sebagai pendingin radiator, yang selain menjaga suhu mesin ideal juga tidak menimbulkan karat. Karena jika komponen radiator terkena karat, maka akibatnya akan menjadi malapetaka.

Penyebab Radiator Bocor Melulu

Karat pada radiator jika dibiarkan akan menimbulkan kerusakan seperti kebocoran. Nah, karat akibat penggunaan air ledeng bisa menjadi salah satu penyebab radiator bocor.

Untuk itu selalu gunakan radiator coolant sesuai anjuran pabrikan dan periksa secara rutin di bengkel terdekat. Kondisi ini harus selalu dilakukan agar pendinginan mesin selalu terjaga dan performa mesin tetap optimal.

Cek Radiator Setelah Kecelakaan

Radiator mobil Toyota yang terletak di belakang moncong mobil seringkali menjadi salah satu “korban” dalam suatu kecelakaan. Apalagi benturan depan pada kecepatan tinggi, bisa membuat komponen pendingin mesin ini sangat rentan.

Tentu tidak ada yang mau menghadapi kecelakaan lalu lintas, namun jika keadaan ini terus berlanjut maka komponen radiator harus diperiksa secara menyeluruh.

Pastikan tidak ada radiator coolant yang keluar dan indikator suhu mesin terbaca normal saat mobil berjalan. Setidaknya itulah pemeriksaan pertama radiator mobil Toyota yang mengalami kecelakaan.

Namun setelahnya, segera bawa mobil Toyota tersebut ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Keadaan ini agar kecelakaan lalu lintas tidak menyebabkan radiator bocor.

Ingat, fungsi radiator sekali lagi tidak bisa diremehkan sob. Saat radiator gagal karena rusak, besar kemungkinan mesin kendaraan akan mengalami overheat alias kepanasan.

Ketika ini terjadi, rekan kerja mungkin melihat uap mengepul dari mesin atau pengukur suhu terus memberi tahu Anda bahwa mesin mengalami panas yang melebihi batas aman.

Mesin yang terlalu panas juga akan mengakibatkan pra-pengapian. Sebab, hot spot berkembang di ruang bakar; yang menjadi sumber penyalaan bahan bakar. Ini akan menyebabkan kerusakan pada piston, yang dianggap sebagai perbaikan serius.

Jika mobil Anda mengalami panas berlebih yang terus-menerus, hal itu bisa disebabkan oleh radiator berkarat di bagian dalam karena karat, penumpukan endapan di bagian dalam, atau serpihan yang mencegah cairan pendingin bersirkulasi dengan baik di dalam mesin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy