Ekspektasi
Ekspektasi news sesuai Realita

- Advertisement -

Penyebab Gigi Transmisi Susah Pindah Pada Mobil Kijang

0 122

Penyebab Gigi Transmisi Susah Pindah Pada Mobil Kijang – Beberapa pemilik kendaraan bertransmisi manual mungkin harus berurusan dengan tuas transmisi yang keras sehingga sulit untuk berpindah gigi.

Selain tidak nyaman, tuas transmisi yang sulit digerakkan juga bisa berisiko menyebabkan kecelakaan.

- Advertisement -

Selain harus segera melakukan pemeriksaan di bengkel, beberapa faktor penyebab tuas transmisi manual mobil sulit digerakkan harus diketahui. berisi beberapa tindakan yang dapat dilakukan.

Salah satu penyebab tuas transmisi manual mobil sulit digerakkan adalah karena jarak antara mur dan baut penyetelan ejaan yang renggang.

Penyebab Gigi Transmisi Susah Pindah Pada Mobil Kijang

Kalau setingannya terlalu sempit, saat perpindahan gigi terasa enteng, tapi akselerasinya agak lambat. Sebaliknya, jika penyetelan terlalu kencang, pengemudi akan kesulitan mengganti gigi, umumnya merasa macet atau keras.

Settingan Tuas Transmisi

Solusinya atur ukuran sesuai manual book yang tertera di mobil. Norma untuk pengaturan ini adalah sekitar 3 mm.

Penyebab terakhir adalah masalah pada penggerak kopling. Jika lengan pengepres bola otomatis dan alur mulai rusak, gigi atau roda gigi ini biasanya sulit digerakkan atau dengan kata lain macet.

Penyebab Gigi Transmisi Susah Pindah Pada Mobil

Solusinya adalah dengan memeriksa lengan. Komponen kopling mekanik yang satu ini memang cukup berharga dan sangat mempengaruhi performa kopling secara keseluruhan.

Plat Kopling

Plat kopling yang melengkung juga bisa menjadi penyebabnya. Posisi kampas kopling biasanya tidak maksimal dan mengakibatkan macet atau kesulitan saat perpindahan gigi. Solusinya pastikan posisi plat kopling tidak melengkung.

Bukan tidak mungkin, tuas persneling mati. Kalau ini terjadi, bukan hanya macet tapi saat perpindahan gigi menjadi sangat sulit.

Solusinya adalah dengan mengetahui fungsi kopling kendaraan agar saat menggunakannya tidak bertindak sembarangan atau berperilaku kasar.

Oli Transmisi Mobil

Satu hal yang dianggap krusial adalah masalah oli transmisi mobil. Jika terasa keras saat perpindahan gigi, bisa jadi karena oli transmisi sudah banyak berkurang atau sudah habis.

Solusinya adalah dengan mengecek level oli dan mengganti oli transmisi sesuai dengan waktu yang tertera di manual book. termasuk pengecekan kebocoran oli transmisi manual.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy