Ekspektasi
Ekspektasi news sesuai Realita

- Advertisement -

Penyebab Bunyi Pada Ban Depan Mobil Kijang

0 213

Penyebab Bunyi Pada Ban Depan Mobil Kijang – Pernahkah Anda mendengar suara seperti gesekan pada roda depan mobil?

Sebenarnya ada berbagai macam penyebab terjadinya bunyi gesekan pada roda depan mobil yang notabene disebabkan oleh rusaknya komponen di dalamnya.

- Advertisement -

Sebenarnya apa saja penyebab dilema ini yang tidak boleh dianggap remeh? yuk simak penjelasan lebih lanjut dibawah ini sekarang juga.

Penyebab Bunyi Pada Ban Depan Mobil

Roda depan mobil yang berfungsi normal seharusnya tidak mengeluarkan suara gesekan yang tidak biasa. Masalah ini harus segera diperbaiki karena dapat menyebabkan kerusakan lain yang mungkin tidak Anda sadari. Tanpa harus berlama-lama lagi, ingatlah penyebab dari masalah ini agar Anda lebih paham.

1. Karet Penyangga Shockbreaker Rusak atau Aus

Karet penyangga shockbreaker merupakan salah satu bagian berharga dari komponen ini. Seperti diketahui, shockbreaker efektif membantu performa kaki-kaki mobil dalam melewati berbagai kontur jalan. Penyangga karetnya sendiri terletak tepat di atas peredam kejut dan dihubungkan langsung ke bodi mobil.

Penyebab Bunyi Pada Ban Depan Mobil Kijang

Peredam kejut karet yang rusak atau aus akan menimbulkan gesekan. sampai-sampai bukan hanya suara gesekan saja, tapi juga suara benturan lainnya saat mobil melintasi jalan yang tidak rata.

2. Bushing Lower Arm Aus

Bushing Lower Arm baik sebagai penahan getaran yang diterima dari ban dan mesin mobil. Bentuk komponen ini menyerupai botol dengan pipa besi di bagian atas dan bawahnya. Bagian depan mobilnya sendiri memiliki 4 buah bushing.

Rusaknya Bushing Low Arm memang bisa diindikasikan dengan bunyi gesekan. karena lapisan komponen ini rusak dan hilang. Terakhir, busing lengan bawah bergesekan langsung dengan komponen lain.

3. Shock Absorber Rusak

Peredam kejut bisa rusak karena tanda-tanda kebocoran cairan di dalamnya. Kebocoran ini membuat kinerja shock absorber meredam guncangan yang berlebihan sehingga tidak maksimal sama sekali.

Piston di peredam kejut bisa membentur bagian bawah tabung dan juga bergesekan dengan dinding. Situasi ini akhirnya menimbulkan suara gesekan pada roda depan mobil.

4. Ball Joint Aus

Ball joint berperan dalam menopang roda mobil untuk berbelok karena bentuknya seperti engsel yang dapat berputar hingga 360 derajat.

Jika komponen ini rusak, suara gesekan pada roda depan mobil dapat muncul secara subjektif saat pengemudi memutar setir. bahkan kerusakan yang lebih serius seperti setir yang lebih sulit dikendalikan juga bisa terjadi.

5. Busing Upper Arm Aus

Kerusakan lain yang bisa memicu bunyi gesekan ini bisa terjadi dari Busing Upper Arm. Komponen ini memiliki bagian coating yang berfungsi untuk melindungi komponen saat digunakan.

Tetapi lapisan yang menipis hingga merusak dapat menyebabkan masalah suara ini. Kebiasaan tidak melakukan perawatan dan menggunakan mobil yang terlalu kasar menjadi pemicunya.

Melihat berbagai penyebab gesekan pada roda akibat kerusakan komponen, kondisi ini sebenarnya bisa dicegah. Caranya adalah dengan melakukan servis berkala untuk mobil kesayangan Anda.

Servis berkala memiliki manfaat dalam hal mencegah kerusakan komponen dan menjaga mobil dalam kondisi prima setiap saat.

Anda dapat mengunjungi bengkel terdekat yang didukung oleh mekanik ahli untuk servis berkala. bahkan bengkel terdekat tersedia di berbagai daerah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy