Ekspektasi
Ekspektasi news sesuai Realita

- Advertisement -

Manfaat Asuransi Bagi Nasabah Baru

0 107

Sudah tahu Asuransi? Ada 2 metode asuransi yang ada di Indonesia yakni asuransi syariah dan asuransi umum. Salah satu perbedaan umum antara asuransi umum dan asuransi syariah adalah metode mencari keuntungan yang digunakan.

Asuransi syariah menggunakan sistem akad yang disetujui oleh tertanggung dan penanggung dalam proses perlindungannya. Selain itu, asuransi syariah tidak menggunakan sistem bunga, melainkan nisbah/bagi hasil.

- Advertisement -

Sedangkan jenis asuransi umum/konvensional akan menggunakan sistem bunga dan tidak mengikuti syariat Islam.

Manfaat Asuransi Terbaik Bagi Nasabah Baru

Jadi, kedua jenis ini memiliki penggunanya masing-masing dan keduanya bisa digunakan untuk memberikan perlindungan.

Cara Kerja Asuransi

bagaimana cara kerja asuransi? Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi merupakan produk yang menanggung risiko individu atau kelompok sehingga dapat ditanggung oleh perusahaan.

Contoh sederhana, jika ada sales union 100 orang yang masuk dalam produk proteksi dengan premi Rp 5 juta. Total premi yang terkumpul dari serikat pekerja adalah Rp 500 juta.

Manfaat Asuransi

Jika diprediksi dari 100 penjual, 10 orang akan mengalami musibah dengan kerugian sebesar Rp. 25 juta masing-masing, maka total kerugian mencapai Rp. 250 juta.

Perusahaan penyedia produk akan menggunakan akumulasi premi untuk menutupi kerugian yang diderita oleh 10 orang tersebut. Sedangkan bagi penjual yang tidak terkena bencana tidak dapat melakukan klaim kepada perusahaan.

Begitulah cara kerja asuransi pada umumnya, tetapi bagaimana cara kerja asuransi untuk individu?

Soalnya, nasabah akan melakukan pembayaran premi setiap bulan. Apabila terjadi musibah pada pemegang asuransi, maka individu tersebut dapat mengajukan klaim kepada perusahaan.

Kemudian, perusahaan akan mengecek kondisinya, apakah sesuai ketentuan atau tidak, dan apakah pemegang asuransi melakukan kecurangan atau tidak.

Setelah proses selesai, dana akan dibayarkan kepada pemegang asuransi sesuai ketentuan yang berlaku. Cukup sederhana, bukan?

Apa manfaat asuransi bagi nasabah?

Ada 3 manfaat asuransi bagi nasabah. Apakah mereka? Berikut penjelasan detailnya:

Memberikan perlindungan dengan mentransfer risiko

Di sini, salah satu manfaat asuransi bagi nasabah adalah memberikan perlindungan kepada pemilik polis dengan mengalihkan potensi risiko kepada perusahaan penyedia produk.

Meminimalkan potensi kerugian

Manfaat asuransi yang kedua adalah nasabah dapat meminimalisir potensi kerugian. Baik secara fisik maupun mental. Baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Begitu juga dengan harta benda yang dimiliki pihak penanggung.

Menciptakan rasa aman untuk menghadapi masa depan

Manfaat asuransi yang ketiga adalah menciptakan rasa aman. Dengan memiliki asuransi, Anda dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian atau bencana yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Apakah uang asuransi bisa diambil?

Jawabannya iya. Anda dapat mengajukan klaim kapan saja selama bencana yang terjadi ditanggung oleh pihak asuransi. Jika tidak ada klaim selama masa asuransi Sahabat EKSPEKTASI.ID, Anda dapat mencairkan dana yang telah disetorkan sebelum jatuh tempo.

Potensi penipuan asuransi

Nah Sobat EKSPEKTASI.ID, harus hati-hati sebelum menyetujui suatu kebijakan ya? Pasalnya, ada perusahaan penipu yang kerap menipu pelanggan dan mengambil uang premi.

Ada juga individu yang sudah membayar premi secara rutin, namun saat mengajukan klaim, perusahaan penyedia produk tidak bisa menyediakan dana karena pailit. Jadi berhati-hatilah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy