Ekspektasi
Ekspektasi news sesuai Realita

- Advertisement -

5 Penyebab Aki Mobil Baru Tapi Tidak Bisa Starter

0 90

Penyebab Aki Mobil Baru Tapi Tidak Bisa Starter – Penggantian aki merupakan salah satu solusi kendaraan tidak mau hidup karena aki rusak.

Namun, jika ada situasi di mana Anda telah mengganti aki baru tetapi mobil tetap tidak mau hidup, Anda harus bertanya. Penyebab masalah ini beragam, mulai dari kualitas aki yang digunakan hingga sistem kelistrikan mobil.

- Advertisement -

Anda harus mengenali berbagai tanda mobil tidak mau hidup meski sudah mengganti aki agar bisa dicarikan solusinya.

Penyebab Aki Mobil Baru Tapi Tidak Bisa Dihidupkan

Mobil tidak hanya membutuhkan bensin untuk menjalankannya, tetapi juga energi listrik. Sumber utama catu daya mobil terletak pada komponen aki. Masalah aki, seperti kehabisan air aki, pasti menjadi salah satu penyebab umum mobil tidak mau hidup.

Pemilik mobil harus mengganti aki saat menghadapi situasi sulit ini. Prosedur penggantian dan pemasangan baterai diikuti secara ketat sesuai dengan manual. Sayangnya, mobil tetap tidak mau menyala meski aki baru dan belum pernah dipasang sebelumnya.

Penyebab Aki Mobil Baru Tapi Tidak Bisa Starter

Lalu, apa yang memicunya? Baca ulasan tentang ciri-ciri mobil tidak mau hidup meski aki sudah diganti.

1. Baterai tidak terisi daya

Aki baru tidak menyimpan arus dan tegangan hanya untuk starter mobil. Hal ini biasanya terjadi bila Anda menggunakan aki basah yang tidak Maintenance Free (MF). Kalau teman-teman pakai aki kering dan MF, tenaga listriknya cukup untuk menyalakan mobil.

2. Kualitas Baterai Buruk

Masalah ini terjadi jika Anda membeli aki rekondisi alias aki bekas yang sudah diperbaiki agar terlihat bagus. Baterai ini biasanya berkualitas buruk dan telah ditingkatkan berkali-kali melalui pembangunan kembali. Sebaiknya gunakan baterai yang dijamin keasliannya mulai dari box, segel, dan kondisi body. Oleh karena itu, selalu beli dan gunakan aki yang telah direkomendasikan oleh bengkel terdekat.

3. Masalah Kelistrikan di Starter

Komponen kelistrikan yang membentuk starter kendaraan sangat banyak dan kompleks. Mulai dari aki, kabel starter, sekring, relay, hingga motor starter, semuanya merupakan bagian dari sistem kelistrikan mobil. Saat mengganti baterai, mungkin ada masalah dengan salah satu komponennya. Sekering putus, terminal kepala baterai tertutup, relai putus, dan sebagainya. Sobat trans harus mengecek sistem kelistrikan ini satu per satu dan melakukan perbaikan jika ada komponen yang rusak.

4. Masalah dengan Alarm Mobil

Alarm mobil dapat memicu kendaraan untuk tidak menyala setelah mengganti aki. Ada mobil yang fungsi alarmnya dirancang untuk diputus dari sistem starter. Situasi ini terjadi ketika prosedur pengaktifan alarm terlewatkan saat mengganti baterai.

5. Sistem Pengapian Bermasalah

Terakhir, sistem pengapian yang buruk, seperti busi yang aus atau kualitasnya berkurang, bisa menjadi penyebab mobil sulit dihidupkan. Koil dan ECU mobil yang sudah tidak mumpuni juga bisa jadi penyebabnya. Ada juga dinamo starter yang rusak akibat kelistrikan mobil tidak sampai ke aki mobil. Untuk mengetahui alasan spesifiknya, itu perlu

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy