Innalillah, Pak Habibie Meninggal Dunia, Salah Satu Pemimpin Yang Banyak Dicintai

Iklan Semua Halaman

Innalillah, Pak Habibie Meninggal Dunia, Salah Satu Pemimpin Yang Banyak Dicintai

Ekspektasi
Wednesday, 11 September 2019

Advertise

Advertise

Ekspektasi.id - Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia. Hal ini dikonfirmasi oleh cucu keponakan almarhum, Melanie Subono. "Eyang sampai jumpa di Keabadian. Senang dah bisa ngelepas kangen sala eyang puteri, bisa berdua dua An lagi, kita disini ikhlas asal eyang bahagia. Selamat jalan," ujar Melanie dalam postingannya di akun instagram.

Innalillah, Pak Habibie Meninggal Dunia
Foto : Habibie bersama Bu Ainun semasa muda

Dalam postingannya tersebut, Melanie juga menyertakan foto istri tercinta Habibie, Ainun. Melanie juga mengenang jasa Habibie terhadap dirinya serta bangsa Indonesia. Tak pelak, baru beberapa menit diunggah, postingan itu langsung di balas dengan ungkapan duka cita dari ratusan warganet.

Habibie yang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 itu meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto sejak 1 September 2019 lalu. Sebelum meninggal, seluruh kerabat Habibie sudah berkumpul di rumah sakit tersebut. Selaku mantan presiden, Habibie juga mendapatkan perawatan dan perhatian khusus, termasuk dari tim dokter kepresidenanan.

Menurut salah satu putra Habibie, Thareq Kemal, sang ayah wafat pada pukul 18:05 WIB.

Sejumlah tokoh bangsa sudah menjenguk Habibie yang dikenal sebagai salah satu teknokrat kebanggan Indonesia.

Habibie menjadi presiden menggantikan Suharto yang mengundurkan diri setelah berkuasa selama hampir 32 tahun. Meski hanya memimpin Indonesia kurang dari lima tahun, ada banyak jasa Habibie yang dikenang.

Dengan modal intelektualnya selama hidup di Eropa, Habibie berhasil membawa Indonesia melewati masa transisi politik dan krisisi ekonomi yang cukup berat. Salah satu konsep ekonominya, Habibienomics, meski tak luput dari banyak kritik, dinilai banyak pihak mampu menyelamatkan Indonesia dari krisis global 1999.

Setelah tak lagi menjabat, Habibie tetap dikenang masyarakat, terutama setelah kisah cintanya dengan sang istri dibukukan. Karena dianggap inspiratif, kisah itu lantas diangkat ke dalam layar kaca dan menjadi salah satu film paling inspiratif di Indonesia.



Reporter: Fajrin
Redaktur: Adi