Upacara HUT RI ke 74 dan Drama Kolosal Bocah ala Warga Desa Kembang Bondowoso

Iklan Semua Halaman

Upacara HUT RI ke 74 dan Drama Kolosal Bocah ala Warga Desa Kembang Bondowoso

Ekspektasi
Saturday, 17 August 2019

Advertise

Advertise

Ekspektasi.id Drama Kolosal HUT RI - Peringatan HUT RI dapat dilakukan di mana saja dan dengan cara apa pun. Seperti kreativitas yang dilakukan oleh warga RW 8, Desa Kembang, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

Mereka mengadakan upacara bendera sederhana di sebuah taman kosong yang terletak dekat dengan kuburan. Menariknya, para petugas upacara dan beberapa peserta mengenakan kostum tokoh prajurit.


Upacara dan Drama Kolosal Bocah ala Warga Desa Kembang Bondowoso


"Saat ini upacara kemerdekaan dapat dilakukan dengan cara yang unik. Sekarang kami terinspirasi dengan cara ini," kata Peltu Giyono Adi Solik, Ketua RW 8 Desa Kembang, Kabupaten Kota, Bondowoso setelah upacara bendera.

Meskipun cara membesarkan tidak sesempurna Paskibraka formal, itu tidak mengurangi suasana khusyuk. Warga dari tiga RT di bawah RW 8 tampak antusias berpartisipasi dalam upacara bendera. "Memang tahun ini masih sederhana. Tapi tahun depan kita akan melakukan yang lebih baik lagi," lanjut pensiunan TNI itu sejak 2005.

Yang lebih menarik, setelah upacara, warga menggelar drama kolosal untuk memperingati perjuangan para pahlawan untuk mengusir penjajah. "Kami ingin menumbuhkan kesadaran anak-anak, bahwa kemerdekaan kami diperjuangkan, bukan diberikan. Jadi pengorbanannya luar biasa," kata Giyono.


Upacara HUT RI ke 74 dan Drama Kolosal Bocah ala Warga Desa Kembang Bondowoso


Pertunjukan drama kolosal yang melibatkan sekitar 30 anak usia sekolah dasar dan menengah pertama cukup spontan. "Kami hanya berlatih sekali kemarin. Tapi untungnya, kami menggunakan skenario yang dipentaskan tahun lalu, jadi tidak terlalu rumit," ujar.