Mahasiswa Baru Universitas Jember 2019 Wajib Ikut Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Iklan Semua Halaman

Mahasiswa Baru Universitas Jember 2019 Wajib Ikut Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Ekspektasi
Tuesday, 27 August 2019

Advertise

Advertise

EKSPEKTASI.ID - Semua mahasiswa baru Universitas Jember (UNEJ) pada tahun 2019 bergabung dengan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bekerja sama dengan Kodam V / Brawijaya.

Khusus untuk  mahasiswa baru (MaBa) di Kampus Tegalboto, kegiatan pelatihan dilakukan di Sekolah Calon Bintara (Secaba) dari Resimen Induk (Rindam) Kodam V / Brawijaya pada hari Selasa, 27 Agustus 2019 hingga 1 September 2019.


Mahasiswa Baru Universitas Jember 2019 Wajib Ikut Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara


Sementara untuk  mahasiswa baru, Kampus Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan, pelatihan diadakan di setiap kampus dengan nara sumber dan pelatih dari Kodim setempat.

Pembukaan Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Kampus Tegalboto secara resmi dibuka oleh Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember dengan Komandan Secaba Rindam V / Brawijaya, Letnan Kolonel. (Inf) Yusub Dody Sandra, SIP., M.I.Pol di lapangan hitam (27/8).

Dalam sambutannya, Zulfikar meminta agar semua  mahasiswa baru mengikuti semua tahap pelatihan yang telah dirancang karena mereka melayani ketentuan dalam menjalani kuliah.

"Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dirancang untuk membentuk disiplin diri yang merupakan dasar untuk membangun orang yang mandiri. Dan orang yang mandiri adalah salah satu aset sukses untuk belajar di lembaga tersier," kata Zulfikar.




Wakil Rektor I Universitas Jember kemudian menambahkan, mahasiswa baru Universitas Jember (UNEJ) diharapkan menjadi kader bangsa yang selalu mencintai tanah airnya, sehingga mampu menjaga persatuan dan integritas di Indonesia. Karena itu, konsep nasionalisme dan semangat bela negara harus dipupuk sejak dini.

"Kalian semua berasal dari berbagai daerah, berbagai kebiasaan dan adat istiadat, maka di Secaba Rindam V Brawijaya, kalian semua akan dididik menjadi anak muda Indonesia yang mencintai negara, dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Tidak ada tempat untuk benih-benih radikalisme dan terorisme di Kampus Tegalboto, "tambah Zulfikar.

Sementara itu Letnan Kolonel (Inf) Yusub Dody Sandra, SIP., M.I.Pol., Meminta kepada seluruh peserta Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara untuk mempersiapkan diri, baik secara fisik dan mental sebaik mungkin.




"Materi yang diberikan telah diukur dan diuji sehingga mahasiswa baru di Universitas Jember tidak perlu khawatir selama berpartisipasi dalam kegiatan. Ikuti semua langkah dengan sungguh-sungguh, patuhi peraturan dan ikuti arahan semua pelatih," desak Komandan Secaba Rindam V / Brawijaya yang berkesempatan memberikan materi terkait bagaimana menumbuhkan rasa patriotisme bagi mahasiswa baru di Universitas Jember di aula Jenderal Soedirman.

Selain melakukan kegiatan di dalam kelas,  mahasiswa baru juga mendapatkan materi di luar kelas dalam bentuk Aturan, diskusi, dan tugas Marching.




"Untuk hari pertama pelatihan, peserta adalah mahasiswa baru dari Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan dan Fakultas Ilmu Komputer yang kemudian akan diikuti oleh fakultas lain. Jumlah mahasiswa baru Unej total ada 7.429 mahasiswa dari Kampus Tegalboto yang berpartisipasi dalam Pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Secaba Rindam V Brawijaya, sedangkan untuk kampus Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan bekerja sama dengan Kodim setempat, "pungkas Zulfikar. (*/)