Kenang Pahlawan, Bentangkan Merah Putih Sepanjang 100 Meter

Iklan Semua Halaman

Kenang Pahlawan, Bentangkan Merah Putih Sepanjang 100 Meter

Ekspektasi
Friday, 16 August 2019

Advertise

Advertise

Ekspektasi : Bondowoso - Pelajar di Jambesari punya cara menarik untuk memperingati detik-detik kemerdekaan Indonesia. Mereka membentangkan sang saka Merah Putih sepanjang 100 meter. Aksi itu dilakukan secara kolosal oleh sekitar 100 pelajar yang terdiri dari siswa TK, MI dan MTs di Pondok Pesantren Khairul Imam, Kecamatan Jambesari Bondowoso.

Kenang Pahlawan, Bentangkan Merah Putih Sepanjang 100 Meter
TANAMKAN PATRIOTISME: Para pelajar dan santri di Jambesari membentangkan bendera raksasa untuk mengenang perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mereka mengadakan kirab di sepanjang jalan desa.
Terik siang pada Rabu (14/08) itu tidak mengurangi semangat para pelajar. Padahal, rute yang mereka tempuh cukup jauh, yakni 5 kilometer. Acara kirab bendera dimulai pada pukul 14:00 WIB dari Balai Desa Jambesari. Dengan penuh semangat, mereka membentangkan bendera dengan berjalan hingga di Ponpes Khairul Imam Desa Pengarang, Kecamatan Jambesari.

Sebagian siswa juga memakai pita merah putih di kepalanya, sebagai simbol ekspresi nasionalisme. Tak ketinggalan, pipi juga ada yang diwarna senada, merah-putih. Untuk menambah semangat, sepanjang perjalanan, juga diputarkan rekaman pidato Bung Karno saat membacakan teks pidato proklamasi, 74 tahun silam.

"Kami harap, dengan cara ini, rasa nasionalisme dari generasi muda tetap terjaga baik. Meski mereka tinggal dan belajar di daerah pinggiran," ujar Ketua Panitia, Ahmad Taufik. Melalui pengibaran bendera, panitia juga berharap bisa menjaga semangat patriotik di masyarakat desa.


Panitia juga bekerjasama dengan ormas Nahdlatul Ulama beserta beberapa organisasi otonom di bawahnya seperti Ansor, IPNU-IPPNU, dan ISNU. “Kita ajak NU karena kebetulan NU banyak di desa kami. Selain itu, dari sisi historis juga ada saham NU dalam perjuangan kemerdekaan dan menjaga NKRI,” jelasnya. (ad)